Contoh RPP Materi Virus
RENCANA
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MAN
01 OKU
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas / Semester : X
/ Ganjil
Alokasi Waktu : 6 x
45 menit
Materi Pokok :
Virus
A.
Kompetensi
Inti :
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.3 Menerapkan pemahaman tentang virus
berkaitan dengan cirri, replikasi dan peranan virus dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mendeskripsikan
ciri-ciri virus yang meliputi sifat, ukuran, dan struktur virus
2.
Mendeskripsikan
replikasi virus
3.
Menjelaskan peranan
virus bagi kehidupan baik yang merugikan dan menguntungkan
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Agar siswa dapat
mendeskripsikan ciri-ciri virus
2.
Siswa dapat
mendeskripsikan dan memahami replikasi dari virus
3.
Siswa dapat
mendeskripsikan peran virus yang menguntungkan bagi kehidupan
4.
Siswa dapat
mendeskripsikan peran virus yang merugikan bagi kehidupan
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Ciri-ciri virus
2.
Struktur virus
3.
Replikasi virus
4.
Peran virus bagi
kehidupan
F.
Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2. Metode : Ceramah, Diskusi, Tugas Tanya Jawab
3.
Model : Cooperatif learning
G.
Alat, Media, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Alat
Papan tulis, Spidol, LCD dan Laptop
2.
Media
LKS, Power Point, Gambar
3.
Sumber Belajar
Buku SMA kelas X
H.
Langkah-langakah
Pembelajaran
Pertemuan 1
Waktu : 3 x 45 menit
Materi : Ciri-ciri virus, struktur virus, serta replikasi virus
a.
Kegiatan Awal
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
Guru Peserta didik
|
Alokasi Waktu
|
|
Pembukaan
|
Guru memberi salam mengecek absensi,
mengecek kesiapan peserta didik dan menyiapkan buku belajar.
|
Peserta didik
menjawab salam guru dan mengeluarkan buku belajar biologi
|
5 menit
|
Motivasi
|
Guru memberikan
semangat belajar dengan tanya jawab seputar pengertian dan tempat hidup
virus
|
Peserta didik
menjawab pertanyaan dari guru
|
10 menit
|
Apresiasi
|
Guru memberikan
apersepsi dengan bertanya kepada siswa “apakah penyebab kita bisa terserang
flu ?”
|
Peserta didik aktif
menjawab pertanyaan dari guru
|
10 menit
|
b.
Kegiatan Inti
Tahapan
|
Guru
|
Peserta didik
|
Waktu
|
Observasi
|
Guru menayangkan gambar dan video terkait struktur dan reproduksi virus
untuk dianalisis serta memberikan sedikit penjelasan terhadap video yang
ditanyangkan
|
Siswa mengamati gambar dan video yang ditayangkan
oleh guru
|
15 menit
|
Menanya
|
·
Guru memberikan
pertanyaan kepada peserta didiknya yang berkaitan dengan isi video yang telah
ditanyangkan “ apa cirri-ciri virus ”
“ Proses apa saja yang terjadi pada
replikasi virus ? ”
·
Guru
memprediksi dan mengahrapkan peserta didiknya bertanya mengenai struktur dan
perbedaan antara daur litik dan lisogenik virus
·
Guru menjawab
pertanyaan peserta didik terkait struktur dan perbedaan antara daur litik dan
lisogenik virus serta hal-hal yang belum dipahami peserta didik mengenai
gambar yang ditayangkan
|
·
Peserta didik
menjawab pertanyaan yang diberikan guru
·
Peserta didik
bertanya tentang struktur virus dan perbedaan daur litik dan lisogenik virus
·
Peserta didik
bertanya kepada guru terkait hal-hal yang belum dipahami dari gambar atau
video yang di tayangkan
|
25 menit
|
Eksplorasi
|
·
Guru membagika
LKS terkait dengan gambar dan video yang telah ditampilkan lalu meminta
pesserta didik untuk menganalisis struktur virus dengan bantuan buku
pelajaran dan refrensi lainnya
·
Guru meminta
peserta didiknya untuk mengerjakan soal dan membuat rangkuman dari gambar
struktur virus
|
·
Peserta didik
menerima LKS dan mendengarkan penjelasan dari guru
· Peserta didik mengerjakan LKS dan membuat rangkuman sesuai intruksi dari
guru
|
25 menit
|
Asosiasi
|
·
Guru menanyakan
kembalisoal LKS yang telah dikerjakan peserta didik
·
Guru memberikan
arahan agar siswa lebih memahami soal LKS
|
·
Peserta didik
menjawab pertanyaan guru dan mengajukan soal yang rumit untuk dipahami dan
dikerjakan
·
Siswa
mendengarkan dan memeerhatikan penjelasan guru
|
15 menit
|
Komunikasi
|
·
Setelah peserta didik selesai mengerjakan
LKS nya secara mandiri guru meminta peserta didik untuk mempresentsikan
rangkuman yang telah dikerjakan dari gambar yang telah ditayangkan
|
·
Perwakilan peserta didik mempresentasikan
rangkuman yang telah dikerjakan
|
20 menit
|
c.
Kegiatan Akhir
Tahapan
|
Guru
|
Peserta Didik
|
Waktu
|
Evaluasi
|
·
Guru
mengumpulkan LKS dan rangkuman peserta didiknya
·
Guru melakukan
evaluasi dengan membahas jawaban dari LKS siswa
|
·
Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaanya
·
Peserta didik
mendengar jawaban yang disampaikan oleh guru
|
5 menit
|
Penutup
|
·
Guru menutup pembelajaran dan memberikan
tugas mencari artikel tentang pembelajran virus selanjutnya
·
Guru mengajak peserta didiknya untuk berdoa
dan menutup pembelajaran
|
·
Peserta didik mndengarkan dan mencatat tugas
yang diberikan oleh guru
·
Peserta didik
berdoa dan menjawab salam
|
2 menit
|
Pertemuan 2
Waktu : 3 x 45 menit
Materi : Peranan Virus bagi kehidupan
a.
Kegiatan Awal
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
Guru Peserta didik
|
Alokasi Waktu
|
|
Pembukaan
|
Guru memberi salam mengecek absensi,
mengecek kesiapan peserta didik dan menyiapkan buku belajar.
|
Peserta didik
menjawab salam guru dan mengeluarkan buku belajar biologi
|
5 menit
|
Motivasi
|
Guru memberikan
semangat belajar dengan memperlihatkan pin lambing asosiasi HIV – AIDS dan
bertanya kepada peserta didik “apakah ada yang pernah melihat lambang pin
tersebut ? dan tanggal berapakah
seluruh dunia memperingatinya ?”
Kemudian guru sedikit
menceritakan tentang hari HIV-AIDS sedunia
|
Peserta didik
merespon dengan aktif dan menyimak cerita guru
|
10 menit
|
Apresiasi
|
Guru memberikan
apersepsi dengan bertanya kepada peserta didik “ Apakah virus selalu bersifat
jahat ?” dan “ Adakah virus yang bersifat baik atau menguntungkan ?”
|
Peserta didik berfikir
dan menjawab guru
|
10 menit
|
b.
Kegiatan Inti
Tahapan
|
Guru
|
Peserta didik
|
Waktu
|
Observasi
|
Guru menayangkan gambar dan video terkait peran virus untuk dianalisis
derta memberikan sedikit penjelasan terhadap video yang ditayangkan
|
Peserta didik
mengamati video yang ditayangkan oleh guru
|
15 menit
|
Menanya
|
·
Guru memberikan
pertanyaan kepada peserta didiknya yang berkaitan dengan isi video yang telah
ditanyangkan
“Bagaimana peranan virus dalam kehidupan
sehari-hari?apakah virus selalu merugikan?”
·
Guru
memprediksi dan mengharapkan peserta didiknya bertanya mengenai peranan virus
yang menguntungkan kehidupan
·
Guru menjawab
pertanyaan peserta didik terkait peranan baik dan buruk virus bagi kehidupan,
beserta salah atu contoh penyebab virus
|
·
Peserta didik
menjawab pertanyaan yang diberikan guru
·
Peserta didik
bertanya tentang peranan virus yang menguntungkan bagi kehidupan
·
Peserta didik menyimak
dan mencatat bagaimana penyebab penyebaran virus
|
25 menit
|
Eksplorasi
|
·
Guru membagika
LKS terkait dengan gambar dan video yang telah ditampilkan lalu memebagi
peserta didik menjadi bebrapa kelompok yang berisi 5 orang
·
Guru meminta
peserta didiknya untuk mengerjakan soal dan berdiskusi bersama teman
sekelompoknya mengenai keuntungan dan kerugian dari virus
|
·
Peserta didik
menerima LKS dan mendengarkan penjelasan dari guru.
· Peserta didik mengerjakan LKS dan berdiskusi bersama kelompok yang telah
dibentuk oleh guru
|
25 menit
|
Asosiasi
|
·
Guru menanyakan
kembalisoal LKS yang telah dikerjakan peserta didik secara individu
·
Guru memberikan
arahan agar siswa lebih memahami soal LKS
|
·
Peserta didik
menjawab pertanyaan guru dan mengajukan soal yang rumit untuk dipahami dan
dikerjakan
·
Siswa
mendengarkan dan memeerhatikan penjelasan guru
|
15 menit
|
Komunikasi
|
·
Setelah peserta didik selesai mengerjakan
LKS nya secara mandiri guru meminta peserta didik untuk mempresentsikan hasil
diskusi bersama teman sekelompok nya berkaitan dengan video yang telah
ditampilkan mengenai peranan virus bagi kehidupan
|
·
Perwakilan masing-masing kelopok maju kedpan
untuk menjelaskan hasil diskusi kelopok mereka mengenai peranan virus bagi
kehidupan
|
20 menit
|
d.
Kegiatan Akhir
Tahapan
|
Guru
|
Peserta Didik
|
Waktu
|
Evaluasi
|
·
Guru
mengumpulkan LKS peserta didiknya
·
Guru melakukan
evaluasi dengan membahas jawaban dari LKS siswa dan memberikan komentar
mengenai hasil diskusi peserta didik nya
|
·
Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaanya
·
Peserta didik
mendengar jawaban yang disampaikan oleh guru
|
5 menit
|
Penutup
|
·
Guru menutup pembelajaran dan memberikan
tugas untuk membaca materi selanjutnya
·
Guru mengajak peserta didiknya untuk berdoa
dan menutup pembelajaran serta memberi salam pentup
|
·
Peserta didik mendengarkan dan mencatat
tugas yang diberikan oleh guru
·
Peserta didik
berdoa dan menjawab salam
|
3 menit
|
I.
Penilaian
1.
Jenis atau teknik
penilain
a.
Tes : Kognitif
terdiri atas LKS dan tes tertulis
b.
Non test :
Afektif (sikap) dan psikomotor
2.
Bentuk instrument
dan Rubrik penilain
a.
Instrument
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Lembar kerja siswa (terlampir)
b.
Instrument
Penilaian Sikap (Afektif)
Lembar observasi penilaian sikap (terlampir)
c.
Instrument
Penilian Keterampilan (psikomotor)
Keterampilan pengelolaan data dan presentasi (Terlampir)
Mengetahui, Baturaja
, Mei 2017
KepalaSekolah Guru Mata
Pelajaran
Drs. Tugino, M.Pd.i Febry
Naurah Nurjanah, S.Pd
NIP. 196007071983031009 NIM.
1612220039
Lampiran RPP
Materi Ajar
Materi Pembelajaran
A.
Ciri dan Struktur Virus
Apakah virus dikelompokkan
sebagai makhluk hidup atau benda mati?Jika berada di luar sel hidup, virus
tidak dapat bergerak, tumbuh atau bereproduksi sehingga di luar sel hidup virus
dikelompokkan sebagai makhluk tak hidup. Sebaliknya, jika virus ada di dalam
sel makhluk hidup lain, seperti tumbuhan, hewan, atau manusia, virus dapat
tumbuh dan bereproduksi sehingga dikatakan bahwa virus adalah makhluk hidup.
Oleh karena itu, virus dikategorikan sebagai peralihan dari makhluk tak hidup
ke makhluk hidup.Berikut adalah ciri-ciri umum yang dimiliki oleh virus.
a. Virus
berukuran sangat kecil, berkisar 0,05Nm–0,2Nm (1Nm = 1/1000mm). Oleh karena
itu, virus hanya dapat dilihat dengan menggunakanmikroskop elektron.
b. Tubuh virus
terdiri atas selubung dan bahan inti. Bahan inti berupa RNA (Ribonucleic acid)
atau DNA (Deoxiribonucleic acid).
c. Virus tidak
mempunyai membran dan organel-organel sel yang penting bagi kehidupan.
d.
Virus hanya dapat bereproduksi jika berada dalam sel hidup atau jaringanhidup.
e. Virus dapat
dikristalkan layaknya benda mati.Virus tersusun dari asam nukleat, yaitu asam
deoksiribonukleat (DNA) atau asam ribonukleat (RNA) yang dibungkus oleh
selubung protein yangdisebut kapsid.
B.
Struktur Virus
Virus tersusun atas :
1.
Inti
Beberapa virus menggunakan asam deoksiribonukleat (DNA) sebagai bahan
genetiknya. Tetapi sebgain besar jeni svirus menggunakan Asamribonukleat (RNA).
2.
Selubung Protein
Selubung protein (kapsid) memeiliki tiga fungsi, yaitu : Membungkus dan melindungi asam nukleat agar
tidak tercerna oleh enzim, memberi bentuk pada virion, memberikan tempat
perlekatan agar virion dapat melekat pada sel inang
3.
Sampul
Sampul merupakan membrane lipid (lemak) yang mengelilingi kapsid. Sampul
hanya ditemukan pada beberapa virus saja
C.
Replikasi virus
1.
Siklus Litik
a.
Perletakan
b.
Penetrasi
c.
Replikasi dan
Sintesis
d.
Perakitan
e.
Pelepasan Fag
2.
Siklus Lisogenik
Virus akan melekat pada sel inang kemudian akan melakukan penetrasi DNA
nya. Setelah masuk sel inang dna Fag tidak merusak metabolisme bakteri, tetapi
bergabung dengan DNA bakteri yang disebut dengan profag
D.
Peran Virus bagi
Manusia
1.
Virus sebagai
penyebab penyakit
2.
Virus untuk
mendeteksi dan mengidentifikasi bakteri patogen
3.
Virus untuk
penelitian genetika
4.
Virus untuk
mengukur dosis radiasi.
LAMPIRAN 1 (LKS Eksplorasi Pertemuan Pertama)
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
(PENGETAHUAN)
Bacalah soal-soal berikut ini dengan baik dan tentukan satu jawaban yang
paling tepat pada pilihan jawaban yang tersedia !
A. Pilihan ganda
a.
Anatomi virus
b.
Morfologi virus
c.
Virology
d.
Struktur hewan
e.
Serologi
2.
Asam nukleat pada virus
diselubungi oleh kapsid yang disebut …..
b.
RNA
c.
Selubung membrane
d.
Nukleokapsid
e.
Kapsomer
3.
Pada bakterifag, kaki
serabutnya merupakan perpanjangan ekor yang berfungsi untuk ….
a.
Menanjankan diri ke bakteri
b.
Menancapkan diri ke b erbagai substrat
c.
Bergeraknya bakteri
d.
Bergeraknya virus
e.
Reproduksi virus
4.
Berikut ini adalah struktur
virus, kecuali ....
a.
Virus bersifta aseluler
b.
Virus berukuran lebih kecil
drai bakteri
c.
Virus hanya memiliki RNA dan
DNA saja
d.
Bisa di kristalkan
e.
Tubuh tersusun dari asam
nukleat
5.
Salah satu sifat dari virus
adalah ........
a.
Inti sel eukariotik
b.
Inti sel prokariotik
c.
Sel berbentuk batang
d.
Tidak memilki protoplasma
e.
Sel berbentuk bola
6.
Berikut ini fase dari daur
litik virus secara berurutan yang benar adalah . . .
a.
Adsorpsi – injeksi –
sintesis – perakitan – lisis
b.
Adsorpsi – sintesis –
injeksi – perakitan – lisis
c.
Adsorpsi – injeksi –
sintesis – lisis – perakitan
d.
Adsorpsi – injeksi –
perakitan - sintesis – lisis
e.
Injeksi - perakitan -
sintesis – lisis - Adsorpsi
7.
Berikut ini fase dari daur
lisogenik virus secara berurutan yang benar adalah . . . .
a.
Adsorpsi – injeksi –
pembelahan – penggabungan - sintesis – perakitan – lisis
b.
Adsorpsi – sintesis –
injeksi – perakitan - penggabungan –
pembelahan - lisis
c.
Adsorpsi – injeksi –
penggabungan – pembelahan - sintesis – perakitan – lisis
d.
Adsorpsi – injeksi –
pembelahan – penggabungan - perakitan - sintesis – lisis
e.
Injeksi - perakitan -
sintesis – penggabungan – pembelahan - lisis - Adsorpsi
8. Fase pada daur
litik dimana DNA virus memproduksi enzim penghancur disebut fase . . . .
a. Adsorpsi d.
Perakitan
b. Injeksi e.
Litik
c. Sintesis
9. Manakah
pernyataan berikut ini yang benar?
a. Daur litik terjadi dalam 4 fase
b. Tidak ada perbedaan fase dalam daur litik dan lisogenik
c. Daur lisogenik terjadi dalam 7 fase
d. Dalam daur litik terdapat fase pembelahan dan penggabungan
e. Dalam daur litik virus melakukan fase pembelahan setelah itu fase
penggabungan
10. Fase dimana virus
melakukan replikasi, disebut dengan fase
a. Adsorpsi d.
Perakitan
b. Injeksi e.
Litik
c. Sintesis
B. Soal Uraian Mandiri
1. Sebutkan
ciri-ciri virus!
2. Mengapa virus
bisa dikelompokkan sebagai makhluk hidup?
3. Apa tujuan virus mengambil alih fungsi DNA bakteri? berikan alasannya!
4. Mengapa ketika virus berada pada tahap litik, tubuh kita akan merasa
sakit?
5. Mengapa fase lisogenik virus sering disebut juga sebagai tahap oportunis bagi virus? Berikan
alasannya!
C. Soal Uraian Kelompok (Untuk soal uraian ini dikerjakan secara
berkelompok.)
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan tepat!
1.
Buatlah gambar stuktur
bagian-bagian virus beserta fungsinya!
2.
Gambarkan skema daur
litik dan lisogenik virus!
Format penilaian:
·
Pilihan ganda :
Jumlah benar x 5
·
Soal Uraian :
Jumlah benar x 10
Kriteria Nilai :
Nilai sesuai dengan total jumlah skor yang benar.
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
Dst
|
|
|
Komentar
Posting Komentar